Metode Pertambangan

Mining-Cover

Setelah artikel sebelumnya kita berbicara tentang pertambangan, dimana jenis-jenis pertambangan itu terbagai menjadi 3 (tiga) jenis tambang umum yaitu:

  • Tambagn terbuka (surface mining)

  • Tambang bawahtanah (Underground mining)

  • Tambang bawah air (Underwater mining)

   Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang pemilihan metode penambangan yang tepat untuk pengambilan matrial berharga (cadangan). Jika di bedakan jelas untuk penambangan didaratan dengan dilautan pastinya dibedakan dari wilayahnya, pada pembahasan ini kami memfokuskan pemilihan tambang terbuka (surface minig) dan tambang bawah tanah (underground mining).

   Pemilihan metode penambangan didasarkan pada keuntungan terbesar yang akan diproleh, pastinya pemilihan metode ini ataupun yang namanya setiap orang usaha pastilah mengharapkan keuntungan, pada awalnya pemilihan metode penambangan didasarkan pada letak endapan relative terhadap permukaan dangkal atau dalam. Selain dititik beratkan pada keuntungan terbesar dari suatu metode, ada beberapa factor yang membatasi jenis atau tiype pemilihan metode penambangan seperti:

  • Factor Keselamatan

  • Factor Teknologi

  • Faktor Keekonomisan (untuk menghasilkan biaya terendah dan mengembalikan keuntungan maksimum)

   Aturan dari eksplorasi tambang adalah memilih suatu metoda yang paling sesuai dengan katakteristik alam, geologi dan lingkungan dari deposit mineral(Morison dan Russel 1973).

Setelah kita mengatahui jenis penambanganya kita harus menentukan system atau type dari jenis penambangan itu. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihann system penambangan adalah sebagai berikut:

  • Karakteristik spasial dari endapan

Factor ini merupakan determinan terpenting, sebab mempengaruhi dalam pemilihann suatu daerah akan ditambang dengan tambang terbuka atau tambang bawah tanah, laju produksi, pemilihan metoda penambangan material dan layout tambang dari cebakan.

  • Kondisi geologi dan hidrogeologi

Karakteristik geologi dari matrial dan batuan induknya sangat mempengaruhi metoda penambangan, khususnya dalam pemilihan antara metoda selektif atau tidak. Hidrogeologi mempengaruhi system drainase dan pompa yang diperlukan. Sedngkan mineralogy mempengaruhi cara pengolahan mineral (pemurnian).

  • Sifat-sifat geoteknik

Sifat ini lebih banyak terfokus kepada mekanika tanah dan batuan untuk disains kesetabilan lereng dan penyanggaan dari matrial endapan bernilai ekonomis dan batuan sekitarnya. Factor dan merupakan factor terpenting dalam pemilihan peralatan pada tambang terbuka.

  • Konsiderasi ekonomi

Factor ini akan berperan besar untuk mempengaruhi hasil, investasi, aliran kas, masa pengambilan dan keuntungan.

  • Factor teknologi

Factor ini dipengaruhi oleh pemilihan jenis penambangan, sitem penambangan dan konsiderasi ekonomi. Dan hal ini sangat terpengaruh pada target produksi dan pengeluaran.

  • Factor lingkungan

Karena sifa dasar dari penambangan itu sangat erat hubungannya kelingkungan. Dari proses penambangan dapat merubah lingkungan dari:

– ekosistem disuatu wilayah.

– Topografi suatu wilayah (untuk tambang terbuka).

– nilai ekonomi dari suatu lingkungan.

– situs hidrologi.